Senin, 24 Desember 2012

December 2012 Problems from Pure Science

Shining in the Dark

Challange:Di dasar suatu danau berkedalaman H terdapat sebuah sumber cahaya yang memancar ke segala arah (isotropik).Akibatnya pada permukaan danau timbul cincin lingkaran bercahaya.Apabila indeks bias air danau n dan indeks bias udara di atas permukaan danau adalah 1,tentukan jari-jari lingkaran bercahaya itu?Analisa jika air danau surut hingga habis tetapi sumber cahaya masih bisa menyala,apakah masih terbentuk lingkaran bercahaya?Mengapa?

Anda dapat berpartisipasi dalam menjawab soal Pure Science Monthly Problems in Physics and Mathematics yang akan diselenggarakan setiap bulannya.Besar harapan bagi pembaca blog ini agar dapat berpartisipasi.
Ketentuan mengenai cara pengiriman jawaban:
  1. Tuliskan jawaban di komentar yang ada di bawah posting ini.
  2. Sertakan nama kontributor atau identitas lain yang menurut kontributor dirasakan perlu untuk keperluan publikasi.
  3. Jika kotak komentar tidak mencukupi anda dapat mengirim jawaban dalam bentuk file word ke email wibisono.catur12@gmail.com
  4. Batas pengumpulan jawaban adalah di pertengahan bulan setelah problem dipostingkan.Sebagai contoh problem untuk desember 2012 maka kontributor harus mengirimkan jawaban sebelum pertengahan Januari 2013.
  5. Kontributor yang berhasil menjawab dengan benar jawabannya akan ditampilkan sebagai posting Solution in Pure Science Monthly Problems in Physics and Mathematics.Jika terdapat beberapa kontributor yang berhasil menjawab dengan benar walau jawabannya tidak dipostingkan akan tetapi namanya akan tercantum dalam posting tersebut.
  6. Good Luck............
Catur Wibisono
admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar